720x90ads

7 Tips Membeli Laptop


Laptop kini sudah bukan barang mewah lagi. Meskipun kehadiran tablet PC mengubah peta persaingan PC portabel, banyak orang masih enggan beralih ke tablet PC karena sejumlah alasan sehingga laptop masih belum tergantikan. Jika anda termasuk orang yang sedang akan membeli laptop pada waktu dekat, Insya Allah ketujuh tips ini berguna untuk anda.

Mencari referensi atau informasi terlebih dahulu dalam membeli laptop itu harus dilakukan kalau anda tidak mau menyesal nantinya. Membeli laptop sangat berbeda dengan menikah. Lho, apa hubungannya? Ada! Kalau Anda tidak pintar memilih atau kurang informasi, anda akan menyesal kalau laptop yang baru saja anda beli sering bermasalah. Sedang kalau menikah, meskipun anda pintar memilih sehingga mendapat istri yang shalihah, apalagi cantik, anda tetap akan menyesal, kenapa tidak menikah sejak dulu! Hehe. Maaf sekedar intermezzo :)

Kembali ke topik. Sekadar berbagi pengalaman, saya punya seorang teman yang dengan budget terbatas dia membeli sebuah laptop. Karena kurang referensi dan informasi, dia beli laptop dengan merek ***** yang dalam dunia per-laptop-an merupakan produsen baru, dan kredibilitasnya pun kurang dalam produk elektronik lainnya. Sayangnya, baru sebulan dipakai, laptopnya sudah mati sehingga dia bawa kembali ke toko tempat dia beli laptop tersebut untuk diservis (garansi servis). Sebenarnya ada beberapa kisah serupa dengan merek yang sama namun bukan laptop, yang dialami teman yang lain dan saya sendiri, hanya kalau saya ungkap di sini menjadi out of topic lagi. Baiklah berikut ketujuh poin yang perlu anda perhatikan saat membeli laptop.

1. Merek
Sekarang ini tersedia banyak laptop dengan berbagai merek di toko-toko komputer sehingga membuat banyak orang awam bingung memilih yang mana. Saran saya, pilihlah laptop dari produsen yang dikenal selalu mengeluarkan produk berkualitas, atau produsen yang sudah lebih lama bermain dalam industri laptop dibanding yang lain, karena itu merupakan salah satu jaminan mutu (meskipun tidak selalu). Saya sendiri saat hendak beli laptop, akan memilih satu di antara dua : IBM (Lenovo) atau Toshiba, karena mereka merupakan dua di antara produsen laptop yang sudah lebih lama bermain dalam industri komputer portabel, akhirnya saya memilih Toshiba.

2. Budget
Budget tentu menjadi pertimbangan utama selain merek karena percuma kalau anda menginginkan laptop dengan spek tinggi namun budget tidak mencukupi. Saat ini banyak laptop berbasis Intel dan AMD, dua pemain besar prosesor dunia. Prosesor AMD biasanya harganya lebih murah dari Intel, namun dari sisi kinerja AMD tidak kalah dengan Intel. Nah jika dengan budget terbatas anda menginginkan laptop dengan merek terbaik dan kinerja yang baik, laptop berbasis prosesor AMD dapat menjadi pertimbangan anda.

3. Kebutuhan
Anda membeli laptop untuk kebutuhan apa? Untuk sekedar pekerjaan kantoran yang sering menggunakan aplikasi Office? aplikasi Grafis? atau bermain game 3D? Kebutuhan yang berbeda akan menentukan laptop mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk sekadar aplikasi office tentu tidak memerlukan spek yang terlampau tinggi. Prosesor Dual Core dengan Ram 2 GB pun kinerjanya baik untuk sekadar aplikasi office. Sedang untuk aplikasi grafis, terlebih kalau anda sering bekerja dengan aplikasi 3d seperti 3DS Max, Maya, Blender, Autocad, tentu anda memerlukan laptop dengan spek yang sangat memadai untuk aplikasi grafis dan 3D. Begitu juga untuk bermain game, tentu memerlukan laptop yang memang didesain untuk bermain game. Kalau untuk bermain game, saya tidak merekomendasikan memakai laptop meskipun spek memadai. Kenapa? Orang bermain game biasanya ekspresif, tentu kurang leluasa kalau bermain game dengan begitu ekspresif namun dengan laptop yang ukuran layarnya kecil. Mending pakai PC sekalian dengan layar LED minimal 22 INCH :)

4. Garansi
Setiap produsen memberikan garansi yang berbeda-beda pada produknya. Ada yang satu tahun, dua tahun, dan tiga tahun. Semakin lama waktu garansi semakin baik.

5. Konektivitas
Perhatikan fasilitas pada laptop yang ditawarkan. Adakah Wi-Fi? Bluetooth? Kebanyakan laptop keluaran sekarang sudah memiliki fasilitas Wi-Fi dan Bluetooth. Selain Wi-Fi dan Bluetooth pastikan laptop tersebut memiliki port USB 3 dan USB2. Laptop keluaran sekarang kebanyakan sudah memiliki kedua jenis port USB ini. USB 3 kemampuan transfer datanya 10 kali lebih cepat dari USB 2 sehingga penting bagi ada untuk mengetahui hal ini.

6. Daya Tahan Baterai
Namanya juga komputer portabel, tentu memiliki baterai di dalamnya. Kalau sebuah toko menawari anda laptop namun ciri fisiknya CPU, monitor, keyboard, mouse, dan speaker terpisah serta terhubungkan dengan beberapa jenis kabel maka itu dapat dipastikan bukan laptop, melainkan PC desktop! Hehe. Nah, syarat laptop yang baik di antaranya daya tahan baterai yang lama. Maka, pilihlah laptop dengan daya tahan baterai yang lama. Apalagi kalau sudah terinstall Windows 8 di dalamnya itu lebih baik. Dengan tampilan yang minimalis dan tidak adanya efek desktop Aero seperti pada Windows 7 menjadikan aplikasi berjalan lebih baik dan lebih cepat pada Windows 8 serta lebih menghemat resource sehingga baterai pun lebih tahan lama secara signifikan.

7. Beli yang Baru
Sebagaimana manusia dan makhluk lainnya yang semakin tua semakin dekat kepada kematian, begitu juga dengan laptop second. Membeli laptop second sangat beresiko karena lebih dekat kepada kerusakan komponen yang sudah dipakai dalam waktu yang lama. Anda tidak tahu apa yang pernah terjadi dengan laptop second yang dibeli. Boleh jadi laptop tersebut sudah pernah diservis kemudian dijual dengan harga yang sedikit miring. Belilah laptop yang baru, lebih baik harga sedikit lebih tinggi daripada anda bolak-balik ke tukang servis mengurusi laptop yang sudah sekarat.

Demikian tujuh tips membeli laptop bagi anda, semoga bermanfaat bagi Anda yang hendak membeli laptop dalam waktu dekat ini. Selamat berbelanja...

Posting Komentar

0 Komentar