720x90ads

Inkscape, Aplikasi Pengolah Gambar Gratis Berbasis Vector yang "Corel Draw like" alias Mirip Corel Draw



Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL, sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan gratis. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.

Inkscape memiliki tampilan/antarmuka yang agak mirip dengan Corel Draw. Fungsinya sama dengan Corel Draw, Adobe Illustrator, yaitu sebagai aplikasi pengolah vector, juga dapat digunakan untuk membuat desain publikasi lainnya.

Inkscape bersifat cross-platform, yakni dapat berjalan pada berbagai operating system baik Unix, Linux, Macintosh, maupun Windows. Inkscape dirintis pada 2003 sebagai sebuah cabang dari proyek Sodipodi. Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999, didasarkan pada Gill (Gnome Illustration Application), buah karya dari Raph Levien.

Tampilan Inkscape, seperti Corel Draw bukan?

Bagi anda yang sudah familiar dan sering menggunakan Corel Draw untuk pekerjaan atau hobi anda, mungkin tidak kesulitan manakala mencoba Inkscape. Namun bila anda belum pernah menggunakan Corel Draw, mungkin perlu berlatih dengan tutorial yang saat penulis coba googling ternyata menemukan banyak situs yang menyediakan tutorial Inkscape, baik dalam bentuk offline (pdf) maupun langsung online via website.

Hingga saat ini, Inkscape sudah mencapai versi 0.48.4 dan dapat didownload di sini Inkscape 0.48.4 untuk versi Windows-nya. Bagi anda yang memiliki keterbatasan kocek namun tidak menyukai aplikasi bajakan, dan ingin aplikasi yang legal, Inkscape pilihan yang tepat untuk anda. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar